Jumat, 15 September 2017

Wudhu dapat Mengangkat Derajat Manusia




Wudhu adalah ibadah yang sangat ringan, tetapi pengaruhnya ajaib dan luar biasa. Selain dapat menghapus dosa kecil maupun besar, wudhu juga mengangkat derajat dan kedudukan seseorang di alam kubur dan kelak di surga. Rasulullah Saw bersabda :

"Maukah kalian aku tunjukan tentang sesuatu (amalan) yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat? Mereka berkata, 'Mau, wahai Rasulullah!' Beliau bersabda, '(Amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu pada waktu yang tidak menyenangkan, banyaknya langkah menuju masjid, dan menunggu shalat setelah menunaikan shalat. Itulah pos penjagaan. "(HR. Muslim).

Abdul Hasan as-Sindiy rahimahullah berkata saat menjelaskan amalan-amalan yang terdapat dalam hadist ini, "Amalan-amalan ini akan menutup pintu setan dari dirinya, menahan jiwanya dari nafsu syahwatnya, permusuhan jiwa, dan setan sebagaimana hal ini tak lagi samar. Inilah jihad akbar (besar) yang terdapat pada dirinya. Jadi setan merupakan musuh paling berat baginya." (Hasyiyah as-Sindiy ala Sunan an-Nasa'iy:1/114).

Wallahu a'lam bish-shawabi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE