Selasa, 19 September 2017

Kaum Muslimin Setara Darahnya dengan Kita





Tugas seorang muslim ialah  menolong saudaranya yang sedang membutuhkan, sedang kesulitan, dan terkena musibah, dengan cara mencukupi kebutuhan, memberi kemudahan, memenuhi hajat, dan melayani kemaslahatan mereka, menolong orang yang butuh, membantu orang yang lemah melindungi pekerjaan mereka, menanggunng orang yang di zhalimi, dan menghukum pelaku zhalim.

Semua ini harus dilakukan demi kelangsungan hidup dan perbaikan kualitas kehidupan mereka. Sesama muslim ibarat satu tubuh, yang punya perasaan yang sama, satu syiar, perpaduan indera, dan kesamaan emosional.

Diriwayatakan dari An-Nu'man bin Basyir rahimahullah, berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Kamu lihat kaum mukminin dalam saling kasih sayang mereka, saling cinta mereka, dan saling belas kasih mereka seperti satu tubuh. Jika satu anggota tubuhnya sakit, maka anggota tubuh yang lain tidak bisa tidur dan demam." (Shahih Al-Bukhari (7/102), hadist nomor 6011).

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Rahimahullah,berkata, Rasulullah Saw bersabda : "Kaum muslimin setara darahnya. Yang paling rendah berusaha menanggung mereka , dan yang paling tinggi mempekerjakan mereka. Mereka adalah penolong bagi orang lain. Yang kuat membantu yang lemah, dan yang cekatan membantu yang tidak berdaya." (Shahih Sunan Abu Daud (2/526), hadist nomor 2390)

Wallahu a'alam bis-shawabi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE